Resep Ayam Goreng Crispy + Tips Keriting & Renyah 5/5 (2)

Siapa yang tak suka dengan makanan satu ini? Bisa dibilang mulai dari anak-anak sampai orang tua gak ada yang nolak ya kalau disuruh makan ini wkwk. Ayam berbalut tepung yang renyah dan garing ini memang sudah mendunia ya. Dimana-mana gampang nemuinnya. Saya sendiri pun menjadikannya salah satu menu favorit hihi.

Dulu nggak pernah kepikiran bikin sendiri, mindsetnya selalu “ribet ah, beli aja”. Tapi setelah mulai suka belajar memasak, saya pikir boros juga jika harus terus membelinya. Mengapa tidak mencoba untuk bikin sendiri versi homemadenya? Siapa tau lebih enak kan! Pede saja ^_^

Setelah lama trial error nyari resep yang pas, tentu dengan hasil yang bermacam-macam, mulai dari versi yang daging bagian dalamnya tidak matang sempurna, ayam yang terlalu empuk (karena di ungkep dulu) jadi waktu digoreng malah hancur, sampai ayam yang sudah pas rasanya tapi tepung tidak mau keriting sempurna. Hmm semua sudah pernah saya lalui. Karena sangat-sangat penasaran, saya pun mencari info kesana-kemari lalu mengambil beberapa kesimpulan.

Berikut point penting yang menurut saya wajib anda perhatikan saat membuat ayam goreng crispy ini. Yang pertama, potongan ayam tidak boleh terlalu tebal, hal ini supaya ayam bisa matang sampai kedalam karena sebelumnya tidak melalui proses dimasak alias ayam mentah yang langsung digoreng. Kedua, marinasi ayam dengan bumbu minimal 3-4 jam. Lebih lama lebih bagus, saya sering diamkan semalaman didalam kulkas agar bumbu benar-benar merasuk sampai ke daging.

Ke tiga, gunakan campuran tepung terigu dan maizena agar renyah, pengalaman saya pernah saya ganti maizena dengan tepung sagu/tapioka, hasilnya sama-sama renyah tapi lebih keras dibanding menggunakan maizena. Ke empat, gunakan minyak banyak saat menggoreng (deep frying) + gunakan api sedang cenderung kecil tujuannya supaya ayam matang sempurna sampai bagian dalam dan tidak perlu banyak membalik agar keriting pada tepung bisa terbentuk. Nah, berikut resep ayam goreng crispy versi saya yang tetap menjadi andalan ketika akan membuat ayam goreng crispy. Simak yukk..

Resep Ayam Goreng Crispy

Bahan Utama:

  • 500 gram daging ayam bagian apa saja (dada/sayap/paha)
  • 1 butir telur ukuran kecil, kocok lepas
  • Air es secukupnya

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butiran/bubuk
  • ½ sdt ketumbar
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdt garam halus
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt kaldu bubuk (saya pake kaldu jamur non MSG)

Bahan Kering (campur jadi satu) :

  • 300 gram tepung terigu serbaguna
  • 50 gram maizena
  • Garam & lada hitam bubuk/merica halus secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Crispy

1. Cuci bersih daging ayam. Potong-potong sesuai selera. Campur dengan bumbu halus, sedikit remas dan ratakan ke seluruh bagian ayam. Diamkan (marinasi) selama minimal 3-4 jam. Simpan dikulkas agar bumbu lebih meresap.

resep ayam goreng tepung

2. Campur semua bahan kering, aduk rata jadi satu (tepung kering).

resep ayam goreng

3. Ambil kira-kira 3 sendok makan bahan kering, taruh diwadah lain, tambahkan air es sampai kekentalan sedang namun sedikit encer (tepung basah)

tambahkan air es sampai kekentalan

4. Keluarkan ayam yang sudah dimarinasi, masukkan 1 butir telur. Aduk rata.

resep ayam goreng crispy

5. Ambil satu potong ayam, masukkan ke tepung kering, lalu celupkan ke tepung basah sebentar, langsung angkat. Gulingkan ke tepung kering kembali. Cubit-cubit perlahan sambil sedikit diremas agar berbentuk “kriwil” pada tepung.

Ambil satu potong ayam

6. Goreng dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan sampai ayam terendam (deep frying) dengan api sedang cenderung kecil. Balik ayam sekali saja untuk menghindari tepung rontok. Saya gunakan panci penggorengan kecil saat menggoreng supaya tidak boros minyak namun ayam tetap terendam.

cara membuat ayam goreng crispy

7. Angkat, lalu tiriskan menggunakan tisue dapur.

tiriskan menggunakan tisue dapur

Ayam goreng crispy ini cocok disajikan bersama nasi hangat

Semenjak bisa membuat sendiri dirumah, sudah jarang sekali beli ayam ini diluaran. Selain lebih hemat, tentu faktor kebersihan dan komposisi bahan apa saja yang dipakai lebih terjamin ya. Tidak perlu khawatir lagi untuk menyajikan menu satu ini dirumah! Hasil ayam empuk sampai kedalam, bumbunya meresap, dan crispynya lumayan awet, lho.

Yuk, coba bikin sendiri dirumah. Mudah dan nggak seribet yang dibayangkan kok. Ayam goreng crispy ini cocok disajikan bersama nasi hangat dan saos sambal kesukaan. Selamat mencoba resep ayam goreng crispy diatas! ^_^

Please rate this

1 thought on “Resep Ayam Goreng Crispy + Tips Keriting & Renyah”

  1. Ya Allah.. saya pikir td emak2 yg posting. Ternyata gadis muda belia.
    Hebat👍👍👍
    Thanks girl.. I’ll try to cook this your 😉😉😉

Leave a Comment