Resep Bolu Pisang dengan Tekstur Super Lembut (All in One Method, Praktis!) 5/5 (2)

Saya termasuk penggemar pisang. Apapun yang berbau pisang, baik itu kue, minuman, sampai masakan saya suka. Maka tak jarang jika saya sering membuat kue yang menggunakan campuran pisang. Kalau di meja makan ada pisang yang sudah berbintik-bintik hitam banyak, tidak akan ada orang yang menyentuhnya kecuali saya. Ini salah satu cara saya memanfaatkan pisang yang sudah tidak enak dimakan begitu saja alias pisang yang sudah overripe. Eitss.. Jangan salah ya. Pisang overripe justru lebih enak ketika dibikin kue. Bahkan aromanya lebih strong dibandingkan pisang matang biasa. Hmm semerbak memenuhi dapur bahkan ketika kue masih didalam oven.

Oke, untuk resepnya kali ini jujur saja hasil modifikasi saya sendiri. Saya tertarik dengan resep marmer cake jadul pak Sahak yang terkenal akan “Method All in One”-nya. Dengan hasil kue yang tetap lembut meski cara pembuatannya yang cukup simple. Nah, saya ingin memodifikasinya dengan menambahkan pisang sehingga namanya pun berubah menjadi bolu pisang hehe. Tentu juga dengan menghilangkan coklat bubuk pada resep yang aslinya digunakan untuk membuat motif marmer. Bolu pisang saya kali ini polos saja.

Saya ubah takaran tepung terigu beserta margarin cair pada resep. Saya sesuaikan dengan kondisi adonan yang akan lebih lembek dikarenakan penambahan pisang halus. Saya skip minyak, dan gunakan campuran margarin & butter. Anda bisa gunakan full butter saja jika menginginkan aroma susu yang kuat. Untuk jenis pisangnya, anda bisa gunakan pisang apa saja. Utamakan pisang manis seperti ambon, cavendish, raja, ataupun uli.

Cara pembuatannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mengocok semua bahan (kecuali margarin cair) hingga kental, kembang, dan berjejak. Setelah itu masukkan margarin cair dan aduk rata. Se simple itu? Yes. Itu yang saya suka dari method ini. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita menujuĀ resep bolu pisang dibawah ini ya.. ^_^

Resep Bolu Pisang (All in One Method)

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 150 gula pasir
  • 300 gr pisang matang (berat setelah dikupas, tanpa kulit)
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 30 gr maizena
  • 20 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdm emulsifier (sp/ovalet)
  • 1/2 sdt vanilli bubuk atau 1 sdt vanilla ekstrak
  • 150 gr butter atau margarin, lelehkan

Cara Membuat Bolu Pisang

1. Siapkan semua bahan, timbang dengan benar sesuai resep. Haluskan pisang menggunakan garpu atau smasher. Saya sarankan jangan diblender ya agar tekstur pisang masih kerasa. Panaskan oven suhu 180’c (api sedang). Siapkan sebuah loyang, olesi dengan margarin tebal lalu tabur terigu. Kebetulan saya pakai loyang tulban diameter 22 cm pas untuk 1 resep ini. Anda bisa gunakan loyang kotak ukuran 20x20cm. Sisihkan.

2. Siapkan sebuah baskom mixer, masukkan semua bahan kecuali margarin cair dan emulsifier. Mixer mulai dari kecepatan rendah hingga semua tercampur dengan baik. Masukkan emulsifier, lanjutkan mixer kembali dengan kecepatan tinggi selama 10-15 menit sampai adonan mengembang, kental, putih, seperti adonan es krim. Tekstur adonan kental dan sedikit berat. Matikan mixer.

Resep Bolu Pisang Lembut

3. Ambil sedikit adonan, campur dengan margarin cair di wadah yang berbeda. Tuang pada adonan utama. Aduk balik perlahan dengan spatula sampai semua rata dan tidak terlihat endapan margarin dibawah adonan, agar kue tidak bantat. Namun jangan sampai overmix ya, kalau sudah tercampur baik segera hentikan pengadukan. Tuang adonan pada loyang yang sudah disiapkan, ratakan. Hentakkan sekali agar udara yang terperangkap keluar. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera misalkan keju, kismis, chocochips, dll.

Resep Bolu Pisang Lembut 4. Masukkan ke dalam oven lalu panggang sampai matang sekitar 30-45 menit. Sesuaikan oven masing-masing ya. Keluarkan bolu dari loyang, potong2 lalu sajikan.

Resep Bolu Pisang Lembut (All in one method, praktis!)
Teksturnya empuk dan lembut banget!
membuat bolu pisang 4
Apalagi rasanya, memanjakan lidah sist!

Hasil bolu pisang kali ini saya akui sesuai dengan harapan. Tekstur kue lembut dengan pori2 yang rapat serta kue lebih “spongy” dibandingkan dengan method sponge cake biasa. Bolu pisang ini lembab sehingga tidak tergolong seret ketika dimakan. Aroma pisangnya menggoda sekali, membuat saya sulit untuk hanya makan sepotong saja hehehe. Enak! ^_^ Selamat mencoba resep bolu pisang diatas ya.. Happy Baking.

Please rate this

1 thought on “Resep Bolu Pisang dengan Tekstur Super Lembut (All in One Method, Praktis!)”

  1. Hi dek, saya juga selalu bikin bolu pisang dgn resep marmer Cake pak Sahak, hanya saja saya memang meniadakan minyak goreng dan hanya pakai 100 gr margarin/butter dan tidak menambah jumlah tepung. Hasilnya memang lembut ya, cuma agak berpinggang walau gak kentara. Mungkin karna kurang jumlah tepung ya ya ..
    Lain kali saya akan buat lagi dengan modifikasi dari sis Dian.
    Terima kasih sudah sharing yaa
    Ditunggu sharing resep lainnya
    Salam sukses!

Leave a Comment