Resep Cilok Bandung Super Kenyal, Anti Alot dan Ekonomis 5/5 (2)

Sejak saya duduk di sekolah dasar, jajanan khas Bandung satu ini sudah sangat familiar di masyarakat. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa pun tidak ada yang asing dengan cilok. Sampai sekarang, cilok tidak pernah absen menjadi salah satu jajanan murah meriah pinggir jalan. Contohnya di kota tempat saya tinggal, Jogja, populasi para pedagang cilok keliling sangatlah banyak bertebaran. Hal ini membuat jajanan satu ini cukup mudah ditemukan.

Cilok atau singkatan dari “aci dicolok” ini berbahan dasar aci atau tepung kanji sesuai dengan namanya. Umumnya, proses membuat cilok hanya dengan mencampur tepung kanji dengan air panas sampai adonan dapat dibentuk. Lalu adonan dibentuk bulat-bulat yang umumnya tidak diberi isian, lalu direbus sampai matang.

Saya sudah pernah beberapa kali membuat cilok. Mulai dari cilok yang sangat alot alias terlampau kenyal hingga membuat saya pasrah untuk mengunyahnya, sampai cilok yang menurut saya bertekstur seperti bakso.

Resep kali ini merupakan hasil dari modifikasi banyak resep, sehingga tercipta tekstur cilok yang mirip sekali dengan punya abang-abang pinggir jalan. Tidak alot, namun cilok tetap kenyal dan cenderung empuk ketika digigit. Saya memakai perbandingan tepung kanji dan terigu 1:1. Ini perbandingan paling pas menurut saya. Berikut resep cilok bandung yang kenyal anti alot ala saya.

Resep Cilok Bandung

Bahan:

  • 150 gr tepung kanji/tapioka/aci
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 250 ml air
  • 2 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat Cilok Bandung

1. Campur semua bahan cilok kecuali air dan bawang dalam sebuah wadah.

resep cilok bandung

2. Didihkan air dan bawang halus lalu matikan api. Tuang air mendidih tadi perlahan-lahan pada bahan cilok sambil diaduk menggunakan centong/sendok kayu sampai adonan tidak lengket dan bisa dibentuk. Stop penambahan air jika dirasa sisa agar adonan tidak terlalu lembek.

resep membuat cilok bandung 2

3. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sesuai selera. Jika mau, bisa diisi dengan isian seperti keju, ayam, daging, dll.

resep cilok bandung kenyal

4. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Beri 1 sdm minyak goreng. Masukkan bulatan2 cilok. Rebus sampai cilok matang (tandanya cilok mengapung). Tiriskan.

cara membuat cilok bandung kenyal

5. Kukus cilok selama 10 menit. Dan cilok pun siap disajikan.

resep membuat cilok bandung 5

Sangat mudah bukan cara membuat cilok bandung? Cilok cocok disajikan ketika masih keadaan hangat, baru keluar dari kukusan karena cilok akan lebih empuk dibanding ketika sudah dingin. Cilok nikmat disajikan bersama sambel kacang atau sambel pecel atau sambel rujak atau hanya dicocol saos dan kecap saja sudah enak, lho! Selamat mencoba resep cilok bandung diatas ya.

Please rate this

Leave a Comment