Resep Martabak Manis / Terang Bulan Anti Gagal dan Praktis, Bisa Buat Sendiri di Rumah! 5/5 (2)

Dalam dua bulan terakhir ini, setiap pulang kerja, Bapak saya selalu membawakan satu kotak martabak manis bertopping coklat ataupun coklat keju kerumah. Sebetulnya bukan inisiatif dari beliau sendiri, tapi permintaan adek saya yang sangat maniak dengan martabak manis.

Pernah suatu hari saya diberi ‘tantangan’ kalau bisa membuat martabak sendiri, saya akan dibayar oleh adek saya. Hahaha, awalnya saya hiraukan saja tantangannya itu. Sejujurnya saya pernah membuat martabak manis sendiri dirumah. Tetapi sudah lama sekali, dan karena saya belum punya cetakan martabak seperti yang biasa dipakai abang-abang penjual martabak pinggir jalan, saya jadi sedikit malas kalau harus memakai teflon. Karena jika memakai teflon, kulit martabak mudah sekali gosong.

Tetapi itu semua cerita lalu. Sekarang rasa penasaran saya benar-benar terbayar setelah berhasil sukses membuat martabak hanya dengan menggunakan teflon. Yaps! Ternyata mudah sekali. Hanya diperlukan beberapa tips agar martabak matang merata dan tidak mudah gosong. Gunakan api kecil cenderung sedang saat martabak pertama kali dituang, hal ini berfungsi agar martabak mau membentuk sarang cantik. Adonan yang dimasukkan saat teflon/cetakan kurang panas akan menyebabkan sarang kurang bisa terbentuk.

Setelah itu, taburi martabak dengan gula pasir (kalau diinginkan) kemudian tutup martabak menggunakan tutupnya hingga rapat. Set di api paling keciiil lalu tunggu hingga matang. Anda bisa sering2 mengecek agar tidak mudah gosong dan pas matangnya.

Resep ini biasa saya pakai ketika akan membuat martabak manis, baik yang dimasak menggunakan teflon, maupun yang dicetak menjadi martabak mini. Tidak menutup kemungkinan kalau anda ingin mencobanya dengan cetakan martabak asli seperti punya abang” pinggir jalan, justru saya rasa hasilnya akan jauh lebih bagus.

Saya sudah cocok sekali dengan resep martabak manis ini. Karena memakai ragi sebagai salah satu bahan pengembangnya. Martabaknya jadi lebih empuk, seratnya lebih halus dibandingkan yang hanya memakai soda kue, dan teksturnya tidak terlalu kenyal. Yuk langsung saja, intip resep martabak manis anti gagal dibawah ini.

Resep Martabak Manis (Terang Bulan)

Untuk: 2 loyang martabak

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm susu bubuk
  • 30 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt ragi instant (pastikan masih aktif & fresh)
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 400 ml susu cair (bisa diganti dengan santan encer/air biasa)
  • 3 butir telur
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram margarin/mentega, cairkan
  • 1/2 sdt soda kue (bagi menjadi 2)

Bahan topping:

  • gula pasir untuk taburan (optional)
  • messes coklat secukupnya
  • keju cheddar parut secukupnya
  • susu kental manis putih secukupnya
  • mentega untuk olesan

Cara Membuat Martabak Manis (Terang Bulan)

1. Siapkan sebuah wadah, masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam, vanilli. Aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk sampai susu habis. Aduk2/kopyok2 adonan menggunakan whisk sampai tidak bergerindil. Masukkan ragi instant, aduk rata. Diamkan selama 30 menit dengan ditutup serbet/plastik wrap.

resep martabak manis

2. Setelah 30 menit, adonan akan muncul gelembung2 kecil, tanda ragi aktif. Kocok lepas telur di lain tempat bersama gula pasir. Kemudian masukkan ke dalam adonan martabak tadi, aduk rata. Kemudian terakhir tuang margarin cair, aduk sampai benar2 rata. Hasil adonan encer ya. Bagi menjadi 2 bagian sama rata. Beri masing2 1/4 sdt soda kue dan aduk rata sesaat sebelum dimasak.

membuat martabak manis 2

3. Siapkan teflon anti lengket/cetakan martabak (saya gunakan teflon diameter 22 cm). Tidak perlu dioles apapun ya, adonan tidak akan lengket kok dan supaya warna kulit martabak bisa coklat merata. Panaskan cetakan menggunakan api kecil saja. Jika anda memakai teflon biasa yang tipis, anda bisa melapisi bagian bawah teflon dengan seng datar/tutup bekas biskuit kaleng, hal ini supaya panas api bisa merata tidak hanya ditengah saja. Setelah teflon benar2 panas (tandanya akan berbunyi “cess” ketika diciprati air) kecilkan api. Masukkan adonan martabak, goyangkan teflon agar pinggiran martabak terbentuk. Set di api kecil cenderung sedang. Biarkan sampai muncul gelembung2 lalu taburi dengan gula pasir. Setelah terbentuk lubang2 namun martabak masih basah tengahnya, segera tutup dengan rapat. Lalu kecilkan lagi api ke yang paling keciiil. Tunggu sampai martabak matang benar2 matang.

resep martabak manis mini

4. Penyelesaian: Angkat martabak dari teflon/cetakannya. Panas2 segera olesi bagian dalam dengan mentega, lalu bagi menjadi 2 bagian. Taburi dengan messes/keju parut lalu kucuri dengan susu kental manis atau topping lain sesuka anda. Tumpuk martabak dengan bagian satunya. Olesi bagian luar martabak dengan mentega sampai rata. Potong2 lalu sajikan.

resep martabak manis teflon

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, tekstur martabak ini tidak terlalu kenyal namu cenderung lebih empuk, seratnya lebih halus, dan lebih ringan ketika dikunyah. Membuatnya tangan saya ingin terus mencomotnya hahaha, saya suka! 😀

cara membuat martabak manis
Tekstur martabak manis yang empuk
resep terang bulan
Soal rasa jangan ditanya deh, gak kalah sama yang dijual abang-abang

Selebihnya membuat martabak sendiri dirumah sangatlah mudah dan tentu rasanya tidak kalah jika disandingkan dengan martabak manis ala abang-abang pinggir jalan lho, hehehe. Selamat mencoba resep martabak manis (terang bulan) diatas ya ^_^

Please rate this

Leave a Comment